Kapal Ketiga : Allure of The Seas – Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

By

Setelah selesai kontrak di Grandeur of The Seas, saya terkejut dapat kabar dari agen “Lu harus join di Allure of The Seas!” kata pak Ferdi dari agen. Waduh, sepengetahuan saya, itu kapal masuk oasis class, kelas kapal raksasa. Gimana nih pasti bakal kerja berat!! Kalau kita search di Wikipedia, kapal ini dibuat dibawah sebuah proyek namanya “Project Genesis” yang dimulai tahun 2008 di Turku, Finland. Kapal ini mulai launching di bulan November 2009. Pada November 2010 kapal ini sampai di home portnya di Port Everglades, Florida. Jadi kalau mau join harus terbang dulu ke Florida US, nah ini yang saya tidak suka karena harus puluhan jam naik pesawat dan berjam-jam nunggu di bandara. Tapi apa boleh buat demi tuntutan pekerjaan kemanapun harus siap.

Ketika sampai di Florida, perjalanan memakai bus menuju home port nya.  Dari jauh sudah kelihatan kapalnya itu super jumbo dan dibelakannya ada lubang/ lorong, waduh gimana ini kuat gak ya kerja di sini? Nyali jadi ciut duluan liat kapal segede itu. Setelah melewati screening document tiba waktunya masuk kapal, ini kapal udah besar panjang lagi! Kapal ini panjangnya 362 meter, tinggi 72 meter di atas permukaan laut, kedalaman 22 meter dibawah air dengan 225,282 gross tonnage. Kapal ini memiliki 18 deck, 2.700 kamar untuk tamu dan bisa memuat sampai dengan 5.400 tamu dan crewnya sekitar 2.000an. Pertama kali masuk ke dalam, koridor utama crew atau i-95 (I ninety five) itu super panjang, dari ujung ke ujung itu bisa kelihatan karena gak ada belok-beloknya seperti kapal sebelumnya. Lebih lengkapnya bisa dilihat gambar dibawah.

Seperti biasa tiba di kapal gak dikasi ampun, langsung disuruh kerja. Barang yang harus dikerjain jumlahnya berlipat-lipat dari kapal sebelumnya, tapi bagusnya anak laundrynya juga banyak, mesinnya banyak dan juga canggih, jadi sedikit legal lah. Abis kerja tiba waktunya istirahat di cabin. Mau idupin tv cari-cari di tembok seperti biasa kok gak ada. Setelelah buka gorden ternyata masing-masing tempat tidur ada tv nya satu-satu, wah enak ne kapal. Iseng-iseng liat menunya ternyata banyak film gratis dan yang paling menarik disediain film dewasa juga (tapi bayar), wah pengertian banget ya yang buat kapal ini hehehe. Yang membuat saya lebih suka kapal ini adalah semua crew area itu letaknya di depan, mulai dari crew mess, laundry, crew bar, crew disco, cabin dan smoking area jadi sangat gampang mau kemana-mana. Tempat makan buat crew (crew mess) juga buka terus dan makanannya lumayan enak jadi gak takut lagi telat makan dan keburu tutup.

Karena saya kerja di laundry waktu itu, jadi akses ke guest area itu sangat jarang, karena kerjanya di tween deck dan tank top (di bawah deck 0). Baru pada bulan Febuari 2014, Allure of The Seas melakukan Azidock, yaitu perbaikan pada salah satu Azipod (baling-baling) kapal dan akhirnya saya bisa menjelajahi seisi kapal. Yang menarik dari kapal ini adalah dia punya 7 neighbourhoods yang berbeda, ada teater dengan kapasitas 1.380 orang, ice skating, 25 buah restoran yang berbeda termasuk Strarbucks juga ada, dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Kapal ini terbelah menjadi dua, seperti dua buah hotel yang saling berhadapan.
Central Park di malam hari dilihat dari atas.

Kapal ini memiliki central park yang dihiasi oleh berbagai tanaman hidup, bukan plastik ya… Central park ini dilengkapi dengan audio otomatis yang menyesuaikan dengan waktu, kalau pagi-pagi ada suara burungnya, kalau malam ada sungai jangkrik kodok dll.


Kalau fotoan kaya gini jadi tidak terlihat seperti di dalam kapal, btw itu bukan saya lho.

Di sekitaran Central Park ini ada berbagai shop dan restoran, jadi sambil jalan-jalan kita bisa sambil shoping atau nongkrong di salah satu restoran.

Sebuah jalan di Central Park.

Tempat lainnya adalah Boardwalk, nama-nama tempatnya mirip-mirip New York gitu deh.. Disini ada sebuah mobil Mercedez Benz klasik sebagai pajangan. Ini bukan mobil boongan, ini asli mobil cuma gak boleh diidupin.

Nah kalau yang ini baru saya (penulis).

Ada hal unik lain di kapal ini, karena saking besarnya sang kapten (Jhony) memiliki sebuah scooter supaya tidak capek keliling kapal dan kadang dia menggunakan motor Harley Davidson di kapal. Dia juga sering membawa seekor burung.

Captain Jhony bersama burungnya
Captain Jhony mengendarai motor Harley Davidson.

Pada bagian belakang kapal ini ada aqua teater. Tempat ini menyuguhkan ataraksi kelas dunia, mulai dari menari di air, loncat-locat, dan yang paling ngeri di bagian akhir pertunjukan ada atraksi penari loncat ke kolam dari ketinggian puluhan meter. Kalau saya kerjanya cuma cuci-cuci kalau para penari ini harus loncat-loncat dari ketinggian baru dapat duit hehe.

Aqua Theater

Berbagai tempat oalahraga juga tersedia, seperti panjat tebing, golf, flow rider, tempat gym dll. Flow rider adalah semacam simulasi surfing, yang suka surfing dikapalpun bisa.

Flow Rider
Mini Golf Course