Cara Melamar Kerja di Kapal Royal Caribbean International Secara Online

By

Jaman sekarang kalau mau cari kerja itu gampang-gampang susah. Sudah sekolah tinggi-tinggi, sudah dapat nilai bagus eh pas kerja cuma digaji seupil, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari kadang tidak cukup. Namun tidak bisa dipukiri jaman sekarang pendidikan itu sangat penting, yang ditanya duluan kalau ngelamar kerja, kamu tamatan apa? Apalagi yang cuma tamatan SMP atau SMA cari kerjaan lebih susah lagi. Rasanya tidak adil bukan? Namun kalau kalian sudah sukses dan happy dengan pekerjaan atau usaha yang dimiliki, berarti kalian telah berhasil di negeri tercinta ini.  Jika kamu seorang tamatan SMA, Diploma atau Sarjana yang berjiwa petualang, sudah dengan gigih mengenyam ilmu dan akhirnya dapat kerja tapi dapat gaji pas-pasan, bekerja di tempat atau negara lain mungkin bisa dipertimbangkan. Sebagai contoh, dulu ketika saya menjadi seorang guru honor paling besar cuma dapat 2,5 juta sebulan atau 30 juta setahun. Setelah saya kerja di kapal dan ngobrol dengan beberapa orang Australia yang bekerja jadi guru, gaji mereka berkisar 600 juta – 900 juta setahun (itu menurut mereka masih kecil lho). Nah berapa kali lipat tuh??? Kalau ada yang bercita-cita jadi guru, jangan tanggung-tanggung sekalian kamu kuliah di Australia dan jadi guru disana supaya isi kantong lebih tebal. Duitnya buat kuliah dari mana?? Jangan tanya saya ya hehehe, kalau ada keinginan pasti ada jalan. Kalau ada yang stuck kerja banting tulang siang malam di negara tercinta ini tapi kondisi keuangan tidak berubah, tidak usah berkecil hati karena di luar sana ada banyak pekerjaan yang menawarkan gaji lebih tinggi.

Ada banyak orang Indonesia yang mencoba peruntungan bekerja di luar Indonesia, baik di darat maupun di laut. Saya pernah mencoba melamar di darat tapi saya diminta menyediakan sejumlah uang beberapa puluh juta dan prosesnya juga lumayan ribet, kontraknya pun lumayan lama bisa tahunan. Jaman sekarang kita juga mesti hati-hati, jangan gampang percaya dengan orang begitu saja apalagi sampai mau menyerahkan sejumlah uang dengan iming-iming dapat kerja di luar negeri. Alternative yang lain adalah kerja jadi crew kapal pesiar. Apa saja kelebihannya? Yang pertama, gaji yang kita terima sudah bersih, karena kita tidak usah bayar kos, bayar listrik, bayar makanan selama di kapal. Kedua, kontrak singkat berkisar dari 4-8 bulan, tergantung perusahaannya. Ketiga, bisa sekalian jalan-jalan keliling dunia. Sebagai perbandingan jika bekerja di laundry di sebuah hotel mungkin kita cuma bisa dapat 2-3 juta saja per bulan, tapi kalau kerja laundry di kapal gaji berkisar 800 – 900 USD per bulan dan dibayarkan setiap 2 minggu sekali. Kalau dengan kurs 13.500 kita sudah dapat 10 juta – 12 juta sebulan. Nah menarik bukan?? Tapi jangan dilihat uangnya saja, kerjaannya gimana donk? Yang namanya kerja dimana-mana juga capek, tapi kerja di kapal capeknya benar-benar terasa karena kerja harus sesuai jadwal dan target tru kita jauh dari rumah jadi capek bathin juga.

Kalau punya basic pernah kerja di hotel itu sebuah nilai plus yang akan mempermudah melamar nantinya. Kalau tidak punya basic hotel sama sekali seperti saya gimana? Triknya adalah melamar kerja yang paling bawah terlebih dahulu seperti laundry, facility cleaner atau galey steward, yang penting sampai kapal terlebih dahulu. Seiring waktu berjalan kita akan mengetahui seluk beluk di kapal dan bisa melamar ke posisi yang lebih tinggi. Untuk itu jika tidak mau mengeluarkan uang untuk sekolah perkapalan atau perhotelan disarankan untuk cari kerja dulu di laundry atau hotel. Mau kerja di housekeeping, restaurant atau cook terserah sesuai selera yang penting ada pengalaman. Syarat lainnya adalah harus ngerti dan bisa bicara Bahasa Inggris, karena bahasa utama yang digunakan di kapal adalah Bahasa Inggris. Kalau tidak bisa gimana? Ya di pelajari dari sekarang! Fokus utamanya adalah bagaimana caranya kita percaya diri ngomong dan jawab pertanyaan pada saat interview oleh user (sebutan untuk pihak kapal yang menginterview), jadi sebisa mungkin belajar ngomong tatap muka pakai Bahasa inggris. Kalau ada bule kebetulan lewat distop aja ajak ngomong hehehe. Yang penting bisa lulus interview dulu, masalah tidak bisa ngomong Bahasa Inggris di kapal itu tidak masalah, sambil jalan lama-lama juga bisa.

Kalau semua sudah terpenuhi saatnya melamar. Dulu saya melamarnya lewat agen tapi kini lebih praktis kita bisa melamar secara online ke perusahaannya langsung. Tingkat kemungkinan diterimanya gimana? Itu tergantung nasib masing-masing, yang jelas kita tidak dipungut biaya alias gratis. Disini saya akan mencoba menjelaskan step by step melamar di Royal Caribbean International. Perusahaan ini setiap tahunnya membutuhkan ribuan crew karena terus membangun kapal-kapal dengan kapasitas penumpang besar. Apalagi dengan merebaknya virus corona, crew yang berasal dari cina yang lumayan banyak telah distop dulu, jadi saat ini merupakan kesempatan emas untuk melamar.

Syarat mutlak adalah umur kamu harus lebih dari 18 tahun.

Pertama kita buka link berikut https://myrclhome.com/main_login

Pada bagian bawah ada tulisan Are you a new applicant? Kemudian klik Enter Here. Kita akan diminta untuk melengkapi data pembuatan account.

Lengkapi First Name (nama depan), Last Name (nama belakang), Nationality (kebangsaan) dan Gender (jenis kelamin). Pada pertanyaan “Are you at least 18 years of age?” kamu centang Yes. Pada bagian “Got sea legs? Please let us know if you’ve worked on board ships before” kalau kamu pernah kerja di kapal sebelumnya centang yes, kalau tidak pernah centang no. Pada bagian “Have you ever been part of our team” kalau belum pernah kerja sebelumnya di Royal Caribbean International kamu centang no, kalau pernah centang yes.

Pada bagian petanyaan What’s your area of interest? Diisi dengan di bagian apa kita ingin melamar, boleh diisi lebih dari satu. Pada bagian “How did you learn about this job” dan “Do you follow us on any of our social media pages?”, pilih salah satu.

Kemudian lengkapi kolom alamat email aktif, ini sangat penting karena pihak kapal akan menghubungimu lewat alamat email kamu. Kemudian buat password dan ketik ulang password di bawahnya. Kalau kamu menginginkan update dari perusahaan pada bagian bawah (Would you like to receive updates about our company) boleh dicentang.

Setelah lengkap kita klik submit, akan muncul jendela berikut.

Setelah itu pastikan untuk cek inbox di email, mereka akan mengirimkan link untuk melakukan verifikasi. Selantujnya silakan diotak atik sendiri yahhhh hehehe….

Cara online lainnya adalah download appnya langsung di play store atau app store namanya adalah myRCL.

Setelah donlot dan berhasil instal akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Nah dari tampilan depannya aja udah keren, apalagi kalau bisa lolos dan kerja disana hehehe. Kita tinggal klik tombol paling bawah “CLICK HERE”. Setelah itu akan muncul jendela berikut.

Kemudian kita klik search job, maka akan muncul instruksi untuk memilih departemen apa yang akan kita pilih untuk melamar. Ini disesuaikan dengan back ground dan pengalaman kita masing-masing untuk memperbesar peluang diterima di kapal. Jika kamu sebelumnya pernah bekerja sebagai room attendant di hotel, apakah boleh melamar langsung stateroom attendant? Jawabannya boleh saja tapi kemungkinan diterimanya kecil, kalau kamu pernah bekerja jadi room attendant di kapal kemungkinan diterimanya besar. Lebih baik melamar jadi cleaner dahulu untuk memperbesar kemungkinan diterima. Intinya jangan melamar yang tinggi-tinggi dulu kecuali kamu memang sudah mempunyai pengalaman di kapal.

Setelah kita klik salah satu departemen akan muncul lagi pilihan jenis pekerjaan dan deskripsinya kemudian klik apply now. Kita terlebih dahulu diminta untuk register.

Langkah selanjutnya sama seperti cara melamar pertama, silakan diotak atik sendiri ya…. Kamu juga akan diminta untuk upload foto dan resume, ini harus dilengkapi dan resume harus dibuat sebaik mungkin supaya bisa lolos. Untuk persiapan interview kamu harus menyiapkan account skype yang aktif dan tiap hari cek email siapa tahu ada pemberitahuan untuk interview, jadi kita masih bisa sambil bekerja atau belajar selagi menunggu panggilan. Hal yang tidak kalah penting adalah berdoa mudah-mudahan mereka kirimin kamu email untuk interview. Semoga sukses.