Cara Gratis Membuat Australian Maritime Crew Visa (MCV) dan Transit Visa

By

Para crew kapal yang akan join di wilayah Australia diwajibkan memiliki kedua visa ini. Pada jaman dulu kala pembuatan visa ini memerlukan bantuan agen, terutama Transit Visa dengan biaya yang lumayan mahal. Jamaan now, visa ini bisa didapat secara gratis tis tis alias gak bayar sama sekali. Visa ini adalah visa elektronik, tidak seperti visa lainnya yang berbentuk stiker yang ditempel di halaman passport. Kalau sudah jadi, kedua visa ini akan dikirim lewat email dan di link ke passport kita. kita perlu memiliki alamat emil yang aktif terlebih dahulu. Cara buatnya lumayan ribet, saya akan coba jelaskan sedetail mungkin. Sebelum kita applay/melamar visa ini kita buat immi account terlebih dahulu. Immi account ini bisa juga digunakan untuk melamar visa Australia elektronik yang lain. Caranya sebagai berikut :

  • Kunjungi situs resmi Departemen of Homeaffair Australia di https://online.immi.gov.au/lusc/login.
  • Kalau yang sudah memiliki immi account kita tinggal masukan username dan password. Jika belum kita harus buat terlebih dahulu dengan klik tombel Create ImmiAccount
  • Akan muncul jendela seperti berikut ini
  • Centang bagian Individual, karena kita sebagai individu yang melamar visa, lengkapi kolom family name dan given name. Family name itu adalah nama belakang dan Given name itu adalah nama depan . Kalau nama kamu Budi Ganteng, maka isi kolom Family name Ganteng dan Given name Budi. Kalau nama kamu Endang Suka Dandan, maka isi Family name Dandan dan Given name Endang Suka. Jangan terbalik ya, intinya semua kata dalam nama kamu harus masuk disana. Kemudian lengkapi kolom Phone dan Mobile phone (boleh sama), kemudian alamat email yang masih aktif. Kemudian klik continue.
  • Bagian selanjutnya adalah kita diminta membuat password dan pertanyaan rahasia. Password usahakan 9 karakter, kalau terlalu pendek tidak akan diterima. Pertanyaan rahasia boleh dipilih apa saja yang penting bisa diingat. Kemudian dicentang bagian term and condition dan security check, setelah itu klik submit.
  • Setelah lengkap akan muncul jendela seperti ini.
  • Setelah itu kita klik continue dan akan muncul jendela seperti di bawah. Sampai di sini berarti pembuatan immi account kita telah berhasil.

Pembuatan MCV Visa

  • Setelah diklik akan muncul jendela seperti berikut. Kita centang pada bagian term and conditions kemudian klik next. Bisa kita lihat terdapat 11 halaman yang harus kita isi. Cape deehhh…
  • Akan muncul jendela seperti berikut. Centang pada “a crew member (or under offer of employment as a crew member) on a non-military ship). Isi current location INDONESIA, intended arrival date diisi dengan tanggal ketika kita tiba di Australia (lihat tiket). Kemudian klik next.
  • Setelah itu akan kita akan diminta mengisi data diri lengkap, seperti gambar berikut.
  • Pada bagian visa grant number, jika kita telah memiliki MCV visa sebelumnya, maka kita centang yes dan akan muncul box untuk mengisi visa grant number. Jika belum pernah buat centang no. Pada bagian National Identity Card (KTP), kita centang yes maka akan muncul box tempat mengisi data KTP kita, setelah diisi lengkap klik submit. Pada bagian Other Name / spellings kita centang no. Pada bagian Other passport and documen travel, jika kita memiliki buku pelaut boleh diisi disini. Pada bagian other identity documen kita centang no. Setelah lengkap kita klik next. Akan muncul jendela konfirmasi data diri penting kita.
  • Setelah semua kita pastikan benar, kita centang yes pada bagian bawah dan klik next. Akan muncul jendela untuk mengisi alamat tempat tinggal seperti berikut.

Pada bagian department office, jika kita diminta melakukan interview dengan tatap muka langsung kita pilih office Indonesia, Jakarta (selama ini saya tidak pernah diminta interview langsung). Setelah itu kita klik next akan muncul jendela seperti berikut.

  • Pada bagian Authorise recipient kita centang no, setelah itu kita masukan alamat email dan klik next. Kali ini kita diminta melengkapi data pendidikan terakhir.
  • Selanjutnya kita diminta mengisi data pekerjaan terakhir dan hystory pekerjaan sebelumnya.
  • Pada bagian Employment hystory, kita isi data pekerjaan sebelumnya dan klik submit. Setelah itu kita klik next, akan muncul jendela visa history.
  • Jika kita memiliki visa lain seperti C1D ketika ke Australia kita centang yes dan jelaskan alsannya. Bagian selanjutnya kita centang no (kecuali kita pernah bermasalah dengan visa. Selanjutnya kita diminta mengisi deklarasi.
  • Jika kita tidak pernah melanggar hukum atau melakukan kejahatan kita centang no semua.
  • Selanjutnya kitda diminta mengisi deklarasi kembali, kita ditanya apakah semua dokumen dan pernyataan kita benar semua, jadi kita centang yes semua. Ini adalah halaman terakhir, kita klik next, akan muncul page review. Kita bisa cek satu persatu data kita, kalau dirasa ada yang salah bisa diperbagiki dengan klik previous pada bagian bawah. Kalau dirasa sudah benar kita klik next.
  • Bagian selanjutnya kita diminta isi data dan upload beberapa dokumen. Travel dokumen data-bio adalah biodata diri pada passport (yang ada fotonya), kita isi data dan upload foto passport halaman bio data. National Identity Documen adalah KTP kita, kita isi data dan upload foto ktp (yang ada fotonya). Crew member Qualification adalah pendidikan terakhir kita. Kita isi data dan upload foto ijazah terakhir. Pada bagian Joining non-military ship, evidence of kita diminta bukti berupa LOE/kontrak kerja, kita tinggal upload foto/file kontrak kerja kita.
  • Setelah semua dokumen di upload, klik next selanjutnya klik submit now untuk mengirimkan aplikasi kita secara online, tidak perlu lagi kirim dokumen fisik. Kita tinggal tunggu email kalau visa sudah jadi.

Langkah pembuatan Transit Visa bisa dicoba sendiri ya, kalau ada yang kurang dimengerti tinggal klik tanda tanya pada halaman web immi atau boleh tanya saya.